Penghijauan Pantai Anaraja Ende

Wakil Bupati Ende menyerahkan tanaman penghijauan 
kepada perwakilan peserta penghijauan
Sumber : 
(Facebook Humas Uniflor)
              Kodim 1602 Ende bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Anaraja, Program KKN PPM Universitas Flores 2019 dan Organisasi Anak Cinta Lingkungan (ACIL) sebagai penggagas utama, melakukan kegiatan Penghijauan penanaman seribu anakan pohon Waru dan Pohon Tanjung di sepanjang Pantai Anaraja Desa Anaraja Kecamatan Nangapanda Kabupaten Ende.

Upacara Pembukaan Kegiatan Penghijauan
Sumber : 
(Facebook Humas Uniflor)
           Kegiatan yang mengambil  tema " Bersama hijaukan kembali bumi Indonesia sebagai wujud kepedulian demi masa depan generasi penerus bangsa" tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari masyarakat Desa Anaraja, KODIM 1602 Ende serta Para Pasi dan Danramil Jajaran Dim 1602/Ende, Persit Kartika  Cabang XIII dim 1602 Ende , Program KKN PPM Universitas Flores 2019, MAS Anaraja, MTs Negeri Anaraja, MIS Anaraja, RA Al Ikhlas Anaraja serta dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Kabupaten Ende, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Kecamatan Nagapanda yang diwakili Sekretaris Kecamatan Nangapanda serta turut juga dihadiri  para tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan Desa Anaraja. Kegitan yang berlangsung dengan sangat antusias tersebut semakin meriah dengan penampilan drum band MTs Negeri Anaraja.
         Dalam sambutan pembukaan kegiatan penghijauan tersebut, Wakil Bupati Ende Drs. H. Djafar H. Achmad, MM menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam kegiatan tersebut karena telah membantu Pemerintah Kabupaten Ende mewujudkan Ende yang Hijau dan Bersih.
Wakil Bupati Ende di dampingi Dandim 1602 Ende
Melakukan Pencanangan Kegiatan Penghijauan.
Sumber : 
(Facebook Humas Uniflor)
           Menurut Komandan KODIM 1602 Ende Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin, S.I.P., M.Tr , seusai kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu perwujudan keterpaduan dan sinergitas antara Tentara Nasional Indonesia dengan pemerintah dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta upaya dini dalam mencegah konflik yang timbul dari dampak kerusakan lingkungan.
         Kegiatan penghijaun itu selain mendukung konsep pengembangan Desa Anaraja sebagai Desa Wisata berkelanjutan dan ramah lingkungan yang digagas program KKN PPM Universitas Flores juga bertujuan untuk merehabilitasi kawasan pantai Anaraja dari dampak kerusakan lingkungan akibat bencana alam seperti abrasi juga bencana yang disebabkan pola, sikap serta cara manusia yang mengabaikan keseimbangan dan keselarasan ekosistem lingkungan.
        Selain penghijauan pantai, kegiatan lain yang dilakukan dalam kegiatan tersebut adalah melakukan aksi clean up membersihkan pantai dari sampah plastik. Hal ini adalah sebagai upaya strategis dalam rangka upaya konservasi, rehabilitasi dan rekontruksi kawasan pantai,yang dilakukan secara berencana dan berkesinambungan dan merupakan solusi yang harus dilakukan, mengingat fungsi dan peran penting kawasan pantai sebagai sistem penyangga kehidupan dan diharapkan bisa menjadi solusi alternatif dalam mengatasi hancurnya keanekaragaman hayati di  kawasan pantai.
        Wakil Bupati Ende dalam akhir sambutannya juga mengharapkan semua komponen agar terlibat aktif dalam mendukung pemerintah dalam mewujudkan karakteristik Kabupaten Ende dengan membangun dari desa dan kelurahan menuju masyarakat yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan dengan bekerja bersama-sama dan sama-sama bekerja yang salah satunya mewujudkan sinergitas dan optimalisasi peran semua pihak dalam usaha penyelamatan dan perlindungan lingkungan hidup demi generasi penerus bangsa.




           




            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOTIF TENUN IKAT ENDE - LIO YANG SUDAH MEMILIKI HAKI

EKSOTISNYA PANTAI ENABARA ENDE, EKSOTISMENYA WISATA NTT

Serunya Membuat Pot Bunga dari Botol Kaca Bekas